Sabtu, 22 Agustus 2009

Otak-Atik DeepFreeze…

Sudah 3 kali saya benar-benar dikerjai oleh DeepFreeze. Pasalnya, demi menghemat ruang harddisk yang cuma 20GB dan malasnya membersihkan sistem cache secara teratur membuat saya memasang DeepFreeze ini. Coz, dengan DeepFreeze saya tak perlu lagi khawatir ruang harddisk berubah-ubah akibat temporary files yang kerap membengkak tiap kali menjalankan sebuah aplikasi.

Namun trik ini bukan berarti tanpa kendala. Sewaktu awal-awal kenal dengan program buatan Faronics Corp. ini, saya belum mengerti bagaimana cara mengubah konfigurasi setting-annya. Akibatnya, tiap ada program yang crash/hendak menambah program baru, saya hanya bisa memformat ulang Drive C:\. Sungguh pekerjaan yang amat melelahkan!

Tapi syukurlah, setelah beberapa lama mencari dan bertanya-tanya di milis/forum yang diikuti, setidaknya kini saya sudah mengetahui beberapa cara ajaib sehingga tak perlu lagi khawatir untuk terus menerus melakukan format ulang

Hehe, barangkali Anda bingung alasan saya diatas dalam menggunakan DeepFreeze. Bagaimana tidak, biasanya DeepFreeze dipergunakan semata-mata untuk memproteksi komputer dari virus atau tangan user jahil seperti di warnet. Tapi itulah saya, selalu mencari celah dari kebiasaan umum..
1. MELALUI ADMINISTRATOR TOOLS (DENGAN PASSWORD)
Jika Anda menginstall sendiri program ini pastinya sewaktu proses instalasi selesai dan komputer restart, Anda diminta untuk memasukkan password bukan? Nah, jika tidak ingin kerepotan di kemudian hari, jangan pernah sesekali melupakan password ini.

Kemudian, apabila Anda ingin mengubah/menambah setting-an komputer langsung saja tekan SHIFT didampingi klik 2 kali pada icon DeepFreeze di SysTray atau tekan SHIFT+CTRL+ALT+F6 yang dilanjutkan memasukkan password. Selanjutnya yang akan tampil adalah:
(Untuk penjelasan ketiga opsi diatas silahkan Anda baca langsung saja ya di menu Help )
Nah, sekarang coba pilih Boot Thawed -> OK kemudian restart. Setelah komputer menyala kembali silahkan cek icon DeepFreeze di SysTray. Jika icon itu terdapat tanda silang merah, berarti DeepFreeze telah mencair dan Anda sekarang bisa mengubah setting-an komputer lagi deh…

Setelah selesai dan puas mengutak-atik, Anda bisa mengembalikan fungsi DeepFreeze ini dengan mengulangi langkah di atas. Namun kali ini pilih bagian Boot Frozen -> OK lalu restart. Komputer pun kembali terproteksi.

Lalu, bagaimana jika sudah bosan dengan DeepFreeze, apakah bisa di-uninstall? Bisa, bisa sekali.

Yang harus pertama Anda lakukan adalah mencairkan DeepFreeze ini terlebih dahulu lalu setelah terdapat tanda silang merah itu, jalankan kembali program DeepFreeze.exe yang Anda pergunakan untuk menginstall DeepFreeze sebelumnya. Jika beres, maka akan ada pilihan untuk meng-uninstall DeepFreeze ini. Mudah kan?

2. DEEP UNFREEZER (CARA SUPER INSTANT DAN MUDAH)

Cara kedua ini benar-benar yang paling cocok untuk tipe orang yang paling malas. Yah, seperti saya inilah… :D

Seperti judulnya, maka Anda harus mengunduh terlebih dahulu program Deep Unfreezer ini. Situsnya masih sama, yakni punya mas Emiliano Scavuzzo. Atau kalau mau langsung, bisa donlot disini:
Download Deep Unfreezer 1.6 (99 KB) (Windows 9X/2K/XP)
Versi UNICODE dipergunakan bagi user yang menggunakan Windows berkarakter huruf Cina atau Jepang. Sementara cara penggunaan program Deep Unfreezer ini bisa dilihat Deep Unfreezer Manual ini.

Namun saya kasih tips jika langkah-langkah yang diajarkan di Deep Unfreezer Manual ini tidak berhasil, Anda bisa coba jalankan tanpa meng-klik tombol Load Status terlebih dahulu, akan tetapi langsung ke bagian SAVE STATUS. Misalnya ingin mencairkan DeepFreeze menggunakan Deep Unfreezer, maka langsung saja:
Pilih Boot Thawed -> Save Status -> Exit -> Restart
Nah, gimana? Mau mencobanya sekarang? Kebetulan kalau Anda sekarang online dari warnet bisa langsung di test tuh, tapi jangan lupa setelah selesai bereskan lagi seperti semula lho. Sebab saya tidak mengajarkan dan mengharamkan cara ini digunakan untuk merusak fasilitas umum/milik orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar